Diposting oleh robin angga |

SUMBER DAYA ALAM DESA LEBBEK

Sumber Daya Alam Desa Lebbek

Sumber daya alam adalah sebuah faktor penting untuk setiap desa yang ingin berkembang. Tidak terkecuali juga untuk Desa Lebbek, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan yang memiliki area pertanian yang luas. Didesa Lebbek ini  sekitar 2/3 bagian desa adalah area pertanian seperti persawahan, perkebunan, dan lain- lain. Karena area pertanian yang mumpuni ini membuat sumber daya alam yang ada adalah hasil- hasil dari pertanian seperti padi, singkong, tembakau, dan talas pada area persawahan, untuk area perkebunan hasilnya adalah apukat, rambutan, durian, nangka, dan juga pisang. Didesa Lebbek ini potensi sumber daya alam yang besar adalah dibidang pertanian lantas wajar kalau hasil pertanian didesa ini sangat melimpah. Disamping itu didesa lebbek ini memiliki tanah pertanian yang subur dan siap untuk ditanami jenis tanaman apapun. Dilaman ini penulis akan memaparkan tentang hasil pertanian yang ada didesa Lebbek.

  1.  Sektor Persawahan, Didesa Lebbek ini sektor persawahan sangatlah luas dari kelima dusun rata- rata banyak   diantaranya adalah daerah pesawahan seperti pada dusun Lebbek Tengah, Loak Lorong, Sumber Tengah, Rompeng, Jetteh. kebanyakan  dikelima  dusun ini menanam tanaman padi.  untuk singkong  sendiri juga telah menyebar  keseluruh plosok desa  juga tetapi  tanaman  padi  adalah tanaman yang paling mendominasi  didesa lebbek.
  2. sektor  perkebunan, Didesa Lebbek  ini  juga terdapat sektor perkebunan yang dirasa juga sangat menghasilkan terutama untuk hasil buah apukat, durian, rambutan, dan pisang.

Sumber Air

Sumber daya alam di Desa Lebbek Kecamatan Pakong, memilki potensi air berupa sumber mata air. Sumber mata air ini biasa digunakan masyarakat untuk mandi, mencuci baju dan lain-lain. Kondisi air yang melimpah ini belum bisa dimaksimalkan oleh masyarakat Desa Lebbek untuk keperluan lain yang bermanfaat seperti untuk mengairi sawah, mengalirkan ke rumah-rumah warga ataupun sebagainya. Hal tersebut dikarenakan secara demografi desa ini terdiri dari dataran tinggi.